gambar
gambar
Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain

Pelajaran Blog - Ahlussunnah wa Al Jama'ah.

Tunggu Postingan Saya Selanjutnya Ya Yang Lebih Menarik Lagi?

Misteri Nama Hari Ke-6

Selasa, 14 Agustus 2012 Label:

Tahukah anda,sejak kapan ada hari ke-6 bernama jumu’ah ??
Abu Salamah berkata : “orang yang pertama kali mengucapkan ‘amma ba’du ( selanjutnya ) saat berpidato adalah Ka’ab bin luay.dia juga yang pertama kali menamakan heri ke-6 sebagai hari jumu’ah,sebelumnya hari ke-6 tersebut di kenal dengan sebutan ‘Arubah.
Pendapat lain mengatakan bahwa yang pertama kali memberi nama hari ke-6 sebagai hari jumu’ah adalah orang anshar.pendapat ini di kuatkan oleh Ibn Sirin. Menurutnya sebelum nabi hijrah ke madinah ( yatsrib ) dan sebelum surat jumu’ah di wahyukan,mereka sudah mempunyai kebiasaan untuk berkumpul sepekan sekali,hal itu karna orang-orang yang beragama yahudi berkumpul untuk beribadah sepekan sekali pada hari sabtu,dan yang beragama nasrani ( kristen ) berkumpul pada hari ahad ( minggu ).
“Kalau begitu kita jadikan hari ‘Arubah sebagai hari kita untuk berkumpul-kumpul,” usul sebagian orang anshar kepada yang lain.
Sejak saat itu mereka berkumpul di rumah Abu Umamah As’ad bin Zurarah.di situ mereka melakukan shalat dua rekaat dan di isi dengan khutbah,ibadah ini kemudian di akhiri dengan penyembelihan kambing.
Konon,jumlah orang islam di madinah ( yatsrib ) saat itu masih 12 orang,merekalah yang menamakan hari ke-6 tersebut dengan hari jumu’ah.
Ini adalah shalat jumu’ah pertama kali yang di laksanakan dalam islam,saat itu rasulullah masih belum hijrah ke madinah. Tafsir ALQurthubi (QS Al-Jumu’ah 62 : 9 ). 





0 komentar:

Posting Komentar

Masukkan Nama Pasangan Anda!
+ =
Power by
 
Coretan Sabda Langit © 2011 | Design Template by Rizky wardiansyah | Template Blogger Name | Template Transparent 2.0 | Template Transparent 2.0